Minggu, 12 Februari 2012

Cemilan Pencegah Kanker

1.    Popcorn


Ternyata cemilan menonton di bioskop ini dapat mencegah kanker dan membantu mereka yang sedang diet. "Kebanyakan orang tidak tahu bahwa popcorn adalah gandum yang telah diketahui dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker, dan hanya 30g porsi - setengah dari kotak kecil popcorn di bioskop - sama dengan satu porsi harian nasi merah atau pasta gandum," kata Catherine Collins, ketua ahli makanan di rumah sakit St. George di London.
Popcorn juga mengandung serat 3 kali lebih berat dibandingkan dengan biji bunga matahari, menjaga anda merasa kenyang lebih lama, juga menyeimbangkan kadar gula darah anda (jadi tidak ada suasana hati yang naik turun atau mengidam cemilan-cemilan manis) dan membantu menurunkan kolesterol 'jahat' LDL. Popcorn bahkan memiliki sedosis vitamin B yang meningkatkan kadar energi anda.
Sebuah penelitian yang dipresentasikan di American Chemical Society menyimpulkan manfaat kesehatan yang sebenarnya terdapat dalam kandungan polyphenol popcorn yang 'mengejutkan besarnya', sebuah antioksidan yang diyakini menghentikan radikal bebas, yang berpotensi merusak zat-zat kimia yang menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.
Hanya hati-hatilah untuk tidak melakukan hal yang lebih berbahaya daripada yang baik dengan menambahkan garam atau gula yang berlebihan pada popcorn buatan anda sendiri.

2.    Coklat
 
Membayangkan saat mengulum atau menyeruput segelas coklat hangat atau menikmati kue tart dengan lapisan coklat pasti membuat banyak orang tidak sabar untuk melakukannya. Bukan hanya sebagai cemilan untuk anak kecil, tetapi coklat juga banyak dinikmati orang dewasa. Bahkan, coklat sering dijadikan hadiah untuk orang tersayang. Mengapa coklat dianggap sebagai tanda cinta seseorang? Zat apa saja yang terkandung dalam coklat sehingga makanan ini memiliki banyak penikmatnya? Apakah coklat adalah makanan yang berbahaya untuk kesehatan?
Coklat dengan kandungan lebih dari 70 persen juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, membuat coklat menjadi salah satu minuman kesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.

3.    Ice Cream

Menurut catatan sejarah,es krim itu katanya ditemukan oleh bangsa Cina sekitar tahun 700M, dan menjadi persembahan bagi Raja Tang dari Dinasti Shang. Es krim sang raja ini ternyata dinbuat dari segenggam salju yang dibekukan dengan tambahan susu dan sari buah plus lumuran madu. waktu itu namanya disebut xuebaite.

Namun yang kali pertama menjadikan es ini seperti es krim sekarang adalah salah satu Kaisar Cina. Kaisar Tang dimasa pemerintahan Dinasti Shang adalah raja yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman. Masakan Cina dimasa itu betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh Cina dikumpulkan, mereka diberikan jenjang atau tingkat keahlian. Teknik memotong dan menggoreng jadi sebuah kebanggaan bagi para ahli juru masak Cina.

Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, Kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Dia meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal di kalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan.

Terus, terbukanya hubungan dagang antara Cina dan Italia, membuka peluang bagi Marcopolo, si penjelajah lautan dari Italia membawa resep es krim ke negaranya. Bedanya, es krim dari negeri mafia itu dibuat dari sirop yang dibuat dengan campuran es. Nah, es krim ala Italia inilah yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru Eropa.

Di Amerika, es krim baru populer pada abad ke-19 seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim khusus untuk memenuhi perminta an seantero rakyat Amerika yang tinggi terhadap es krim.
1. Kandungan kalsium pada ice cream bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.

2. Bergizi tinggi dan tidak membuat gemuk.

Ice cream memang mengandung lemak, terutama lemak jenuh. Hal itu menyebabkan banyak orang menghindari ice cream karena takut gemuk. Padahal, kontribusi energi ice cream per takaran saji (satu cangkir) hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15% dari total kebutuhan lemak per hari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas jika ice cream dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

3. Tak Menyebabkan Pilek

Ice cream bukan penyebab batuk pilek. Sebab, ketika masuk ke mulut, ice cream dengan segera akan meleleh. Pelelehan ice cream dengan cepat dipacu oleh pengaruh suhu tubuh, sehingga saat ice cream masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es.

4. Antitumor dan HIV

25%-30% kandungan ice cream adalah susu. Susu tersusun dari Laktoferin, yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas Antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.

4. Kacang panggang dengan saus tomat
 
Kacang panggang sederhana ini adalah kekuatan gizi dari protein, serat, zat besi dan kalsium. Merupakan kombinasi dari protein tinggi, yang juga menjaga tulang dan otot anda tetap sehat, dan rendah karbohidrat, yang mengeluarkan energi dengan lambat, menjaga anda merasa kenyang lebih lama.
"Juga menjaga kadar gula anda tetap dan menurunkan kolesterol anda, serat-serat larut dalam kacang panggang berpindah ke dalam usus besar atau kolon, dimana bakteri-bakterinya bekerja." kata Collins.
Kacang panggang memproduksi asam lemak yang diyakini dapat memelihara lapisan usus besar dan melindunginya dari kanker. 80g porsi kacang panggang adalah sekitar 1/5 asupan serat yang direkomendasikan terhadap seorang wanita, 1/10 asupan protein dan 1/4 zat besi.
Sementara itu, saus tomatnya sendiri merupakan sumber yang sangat baik akan lycopene, antioksidan ampuh yang telah menunjukkan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker prostat.

Kacang-kacangan termasuk dalam 5 porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari - satu porsi adalah sekitar 3 tumpuk sendok makan. "Tetapi kacang panggang kalengan dapat tinggi dalam gula dan lemak, jadi pilihlah jenis yang rendah gula dan rendah garam," saran Collins.

5.    Kentang Russet
 
Sebuah kentang Russet mengandung lebih banyak kalium daripada sebuah pisang, yang membantu mencegah tekanan darah tinggi, merupakan sumber serat larut yang sangat baik yang mana membantu mempertahankan kesehatan usus dan jantung, serta tidak mengandung lemak ataupun kolesterol. Faktanya, satu kentang Russet panggang berukuran sedang hanya mengandung 135 kalori dan sekitar 1/5 dari rekomendasi asupan harian anda akan protein dan serat.
"Mengkonsumsi sekaligus dengan kulitnya, sebuah kentang berukuran sedang mengandung setengah asupan harian yang direkomendasikan akan vitamin C, juga vitamin B6 yang meningkatkan suasana hati, folat untuk menurunkan resiko kanker, beta karoten untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mata, plus zat besi," kata Collins.
Penelitian A.U.S yang membandingkan kandungan antioksidan pada buah dan sayuran mendapati bahwa kentang Russet memiliki total kapasitas antioksidan di ranking 13.2, lebih tinggi dari wortel, kiwi, semangka, belewar, lobak dan bahkan tomat.

6.    Yoghurt
 
Yoghurt adalah sumber terbaik untuk kalsium dan protein. Delapan ons yoghurt mengandung 30% – 40% kalsium sesuai izin suplemen makan yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan 20% protein. Yoghurt juga merupakan alternatif yang baik sebagai sumber kalsium dan protein bagi orang-orang yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa.
Yoghurt membantu mengatur pencernaan Anda dan memperkuat kekebalan tubuh Anda. Pemeliharaan aktif yoghurt yaitu sebagai bakteri baik yang bisa merangsang sel-sel yang melawan infeksi dalam aliran darah Anda, sehingga mencegah pertumbuhan dan perkembangan dari bakteri jahat.
Selain untuk menjaga kesehatan, ternyata si cemilan mantabb “yoghurt” ini dapat mencegah kanker saluran pencernaan.
Apakah sekarang Anda sudah percaya bahwa dengan mengemil juga bisa sehat? Nah, cemilan yang sehat seperti itulah yang saya nikmatin. Jika ada beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas tidak tersedia di tempat Anda tinggal atau Anda tidak suka memakannya, boleh digantikan dengan cemilan sehat lainnya. Pastikan bahwa Anda memilih cemilan yang benar. Jadi, mulailah untuk mengemil teman-teman dan jadikan diri Anda lebih sehat.

7.    Kacang Kenari
 
Sebuah penelitian menemukan, makan kacang ini setiap hari dapat mengurangi ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhannya. Walaupun percobaan dilakukan pada tikus, para peneliti percaya, penelitian ini juga relevan jika diterapkan pada manusia.
Para peneliti menyarankan, bagi pria dianjurkan mengonsumsi sekitar 14 butir kenari yang dikupas sebagai makanan diet. Cara ini dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.
Walaupun penyebab penyakit tidak sepenuhnya jelas, namun diketahui ada hubungannya dengan diet, dan cenderung terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi makanan rendah lemak yang didapat dari buah dan sayuran.
Dalam studi terbaru, University of California mempelajari tikus yang secara genetik rentan terhadap kanker prostat. Dalam penelitian ini, para ilmuwan menyebar beberapa kenari pada sawah yang ditanami padi selama dua bulan.
Dan hasilnya, Peneliti Paul Davis mengungkapkan, “Kami menemukan bahwa kenari yang dimakan tikus-tikus mengakibatkan risiko kanker prostat lebih kecil, karena memperlambat pertumbuhan tumor. Karena itu, sebaiknya kenari dijadikan bagian dari diet harian di antara buah-buahan dan sayuran.

8.    Kuaci
 
Ternyata makanan ringan seperti kuaci mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita, siapa sangka cemilan berukuran kecil ini yang banyak disukai anak-anak maupun orang dewasa memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Zat gizi yang ada pada kuaci bisa menangkal kanker, memperbaiki dan/atau mencegah penyakit kardiovaskuler, hipertensi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Biji bunga matahari (kuaci) dapat dibuat atau diolah lagi menjadi minyak nabati yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak sayur. Kualitas minyak terbaik didapat dari varietas biji hitam yang kandungan minyaknya berkisar antara 50 hingga 60 persen. Kelebihan minyak biji bunga matahari dibandingkan dengan minyak zaitun adalah minyak biji bunga matahari memiliki asam oleat (omega-9) yang lebih tinggi
Kuaci mengandung vitamin B1 (thiamin), vitamin B5, Vitamin E, asam folat, dan berbagai macam mineral seperti mangan, fosfor, selenium, kalium, kalsium, natrium, magnesium, hingga tembaga. Kandungan vitamin E di dalam kuaci membantu menjaga kesehatan kulit (menghaluskan dan membantu regenerasi sel), menyehatkan rambut, dan mata. Tak hanya itu, vitamin E bermanfaat pula untuk meningkatkan detoksifikasi tubuh, mencegah kanker, mengurangi asma, osteoarthritis, rematik, mengurangi resiko terkena kanker usus besar, komplikasi diabetes, dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Sementara itu, magnesium membantu fungsi saraf, mencegah pengeroposan tulang, serta mencegah terjadinya kejang otot. Selenium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mencegah sakit kepala atau migrain, serta dapat mengurangi penyakit jantung dan stroke.

Kuaci merupakan sumber lemak sehat (tak jenuh) hampir 90%, vitamin, antioksidan, mineral, protein dan fitokimia yang sangat baik. Selain itu, biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda (asam linoleat) dan tunggal (asam oleat), jenis lemak yang melindungi jantung. Studi klinis menunjukkan, makanan tinggi lemak tak jenuh lebih baik daripada makanan rendah lemak, karena meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Mineral kalsium dan fosfor sangat penting perannya dalam pembentukan massa tulang dan gigi, sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Keberadaan mineral kalium sangat penting untuk mengimbangi natrium. Kalium bersifat hipotensif, yaitu memiliki efek penurunan tekanan darah.

Nutrisi yang tidak kalah pentingnya dalam kuaci bunga matahari adalah fitosterol, salah satu fitokimia. Jika dikonsumsi dalam jumlah memadai, terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menyehatkan jantung, meningkatkan respon imun dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, dari 27 kacang-kacangan dan biji-bijian yang paling sering dikonsumsi di AS, biji bunga matahari dan pistachio memiliki fitosterol tertinggi (270-289 mg/100 gr).

Biji bunga matahari juga kaya akan folat (sangat baik bagi ibu hamil) dan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, tembaga, zinc, kalsium, dan zat besi.

Namun, walaupun kandungan kimia kuaci berperan besar bagi kesehatan, jumlah konsumsinya yang masih rendah dan tidak kontinyu menyebabkan sumbangan gizinya tidak berarti banyak bagi masyarakat. Menyadari pentingnya minyak pada biji bunga matahari, saat ini biji tersebut telah diolah menjadi sunbutter.

Sunbutter merupakan mentega dari biji bunga matahari yang dapat digunakan untuk memasak dan membuat salad. Pembuatan produk dari biji bunga itu telah dilakukan di Cina, Rusia, Eropa, dan juga Amerika Serikat.

9.    Edamame
 
Edamame adalah kedelai jepang yang banyak dijual baik mentah ataupun siap makan. Porsi sepiring kecil edamame kukus harganya beragam di restoran-restoran Jepang. Rasanya yang enak seringkali dijadikan cemilan sambil minum teh. Di supermarket banyak dijual edamame, harganya terjangkau, dan dengan khasiat yang ternyata luar biasa, pastinya edamame mendapat lebih banyak lagi penggemar.

Menurunkan resiko serangan jantung sampai 45%
Riset besar dalam New England Journal of Medicin, membuktikan bahwa hanya dengan makan 1/2 cup Edamame sehari dapat menurunkan kolesterol sampai 10%. Edamame kaya isoflavon dan serat yang dapat menurunkan produksi kolesterol dan mencegahnya menempel pada dinding-dinding arteri. Setiap saji 1/2 cup mengandung 800 mg pottasium dan 400 mcg folic acid. Menurut para peneliti Harvard, menambah nutrien pelindung jantung ini dapat menurunkan resiko serangan jantung sampai 45% atau lebih.
 Mencegah kanker
Edamame kaya antioksidan ampuh yang dikenal sebagai flavonoi, yang membantu menghambat efek-efek yang membahayakan dari esterogen alamiah terhadap sel-sel tubuh yang halus. Menurut sebuah studi University of Minnesota terhadap lebih dari 35.000 perempuan, makan edamame setiap hari dapat menurunkan resiko semua kanker sampai 70%, terutama kanker payudara dan kanker prostat.
 Membuat tulang lebih kuat 12%
Riset UCLA mengungkapkan, perempuan yang secara teratur makan Edamame mempunyai tulang yang 12% lebih kuat dibanding perempuan yang tidak makan. Isoflavon Edamame menstimulir pembukaan sel-sel tulang baru dan mencegah kehilangan tulang yang sudah ada.
 Mencegah hot flases
Flavonoid di dalam Edamame juga membantu menyeimbangkan produksi esterogen di dalam tubuh. Produksi esterogen yang berfluktuasi, membumbung tinggi lalu turun lagi, bisa memicu hot flash – gejolak panas, berkeringat dimalam hari, insomnia dan simpton-simpton pra dan pasca menopause. Sejumlah studi menunjukkan, makan Edamame setiap hari dapat menurunkan resiko dari simpton ini sampai 50%.
 Baik untuk kulit
Kesehatan kulit dan awet muda, kaya akan vitamin E sebagai nutrisi dan lechitinnya dapat meremajakan sel-sel tubuh.  Bagi wanita yang sedang hamil, edamame dapat membantu pertumbuhan kulit bayi dalam rahim sehingga menghasilkan kulit yang sehat setelah lahir.

10.    Kacang Almond
 
Almond (Prunus dulcis), adalah tanaman asli Timur Tengah, buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, namun merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi cangkang keras. Almond biasanya dijual dalam bentuk masih bercangkang atau juga dengan cangkang yang yang sudah dilepas.
Meskipun almond berasal dari Timur Tengah, akan tetapi kini banyak negara banyak yang membudidayakannya, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Siria, Italia, Iran, Maroko, Turki, dan China.
Almond dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga dengan diolah. Irisan almond dapat ditambahkan pada es krim, coklat, atau kue. Almond dapat pula dibuat menjadi "susu almond", terutama diperuntukkan bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa dan juga vegetarian.
Almond mengandung 49% minyak, dimana tersusun atas 62% asam lemak omega-9, 24% asam lemak omega-6, dan 6% asam palmitat. Oleum amigdalae, adalah sejenis minyak yang diperoleh dari almond, yang tergolong gliseril oleat. Minyak ini memiliki aroma ringan dan berasa kacang, tidak larut alkohol, namun mudah larut dalam kloroform atau eter.
Ternyata almond juga bernutrisi, almond mengandung 26% karbohidrat (12% serat makanan, 6,3% gula, serta 0,7% pati). Selain itu almond kaya akan vitamin E, yakni 24 mg per 100 gram (1). Almond juga memiliki banyak kandungan asam lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Nutrisi lain yang terdapat pada almond adalah vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.
Almond diklaim memiliki manfaat mempercepat pergerakan makanan di kolon, dan mencegah kanker usus besar (2). Beberapa penelitian terbaru mengkaitkan almond dengan penurunan kolesterol LDL (3). Almond juga memiliki khasiat anti inflamasi/radang, memperkuat daya tahan tubuh, dan melindungi hati (4).
Akan tetapi bagi beberapa orang, almond dapat mengakibatkan alergi yang gejalanya bervariasi dari gejala lokal (misalnya contact urticaria) hingga gejala sistemik (misalnya angioedema, urticaria, atau juga rasa tidak nyaman di perut/saluran pernafasan).

11.    Kacang Mete
 

Kacang Mete adalah snack yang lezat dan menyehatkan. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari memakan kacang mete. Kacang mete mengandung polyunsaturated fat ( lemak tak jenuh ganda ) dan monounsaturated fat ( lemak tak jenuh tunggal ) yang tinggi. Kedua lemak tersebut dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Kacang mete juga mengandung fosfor, magnesium, tembaga, dan tryptophan dalam jumlah tinggi. Selain itu Kacang mete merupakan submber untuk vitamin B, Kalium, dan asam folat yang baik. Kacang mete mengandung lebih dari 80 nutrisi, tanpa ada kandungan kolesterol didalamnya. Zat besi dan kalsium juga ditemukan dalam kacang mete, mesipun dalam jumlah kecil.
Kacang mete dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, sebaiknya mencari kacang mete yang mengandung sedikit atau tidak mengandung garam sama sekali. berikut adalah 5 manfaat kesehatan mengkonsumsi kacang mete ;
1.    Menurunkan berat badan .
2.    meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
3.    Menurunkan resiko kanker.
4.    Meningkatkan fungsi otak.
5.    Menguatkan Tulang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar