Rabu, 15 Februari 2012

Makanan yang baik menurut golongan darah kita :D


Golongan darah O
Golongan darah O menikmati olahraga fisik yang intense dan protein hewan. Berbeda dengan golongan darah lainnya, golongan darah O sebaiknya hanya mengkonsumsi sedikit makanan yang bersifat asam. Produk-produk susu tidak terlalu bersahabat bagi golongan darah O jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Golongan darah O mempunyai sistem pencernaan dengan kemampuan tinggi mencerna protein hewani seperti daging sapi, kerbau, domba, dan unggas.

Golongan darah O, bisa menurunkan berat badan dengan cara membatasi konsumsi biji-bijian, roti, kacang polong, dan kedelai. Faktor utama pemicu pertambahan berat badan bagi golongan darah ini adalah gluten yang terdapat pada  biji gandum dan produk-produk gandum murni, selain itu kacang polong dan kacang kedelai juga memicu pertambahan berat badan .berapa kelompok sayuran bisa menimbulkan masalah besar bagi golongan darah O, seperti Brassica family (kol dan kol bunga) bisa menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yang kaya vitamin K. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yang lemah pada golongah darah O.


Golongan darah A
Golongan darah A rentan terhadap serangan jantung, kanker, dan diabetes. Karena itu, sangat penting agarmemilih makanan yang segar, alami, serta organik. Saat golongan darah A makan daging, mereka akan merasa lemas dan malas bergerak. Hal ini karena kadar asam lambung rendah sehingga lebih sulit untuk mencerna daging. Karena hanya mengkonsumsi sedikit protein hewani, maka Anda bisa menambahnya dengan makan kacang-kacangan dan biji-bijian.Anda juga bisa menikmati protein-protein nabati yang terdapat pada kedelai dan kacang polong. Produk-produk susu juga agak susah dicerna oleh golongan darah A dan bisa memperlambat proses metabolime. Tapi, golongan darah A bisa mentoleransi sejumlah kecil produk susu yang difermentasi seperti yogurt, kefir, krim tanpa lemak, serta produk susu yang telah dikultur. 

Sayur-sayuran sangat penting dalam diet golongan A sebagai sumber mineral, enzim, dan antioksidan. Tipe A sangat sensitif terhadap lectin yang terdapat pada kentang, ubi jalar, kol, tomat dan merica.Makanan ini bisa 
merusak lambung tipe A yang lemah sebenarnya buah sangat bagus bagi golongan darah A tetapi hendaknya menghindari mangga, pepaya, serta jeruk karena tidak bagus bagi saluran pencernaan.


Golongan darah B
Pemilik golongan darah B umumnya jauh dari kegemukan, penyakit jantung dan kanker. Tipe golongan darah B yang kuat dan peka biasanya bisa melawan sebagian besar penyakit yang umum dikenal sekarang seperti penyakit jantung dan kanker. Bagi tipe B, faktor terbesar penyebab penambahan berat badan adalah jagung, gandum hitam, kacang-kacangan, dan biji wijen. Makanan ini mengandung lectin berbeda yang bisa mengganggu efisiensi proses metabolisme yang akan mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglisemia. Lectin gluten pada biji gandum dan semua produk-produk whole wheatjuga bisa menambah masalah dengan memperlambat sistem metabolisme.
Bagi golongan darah B, sangat penting untuk menghindari ayam. Ayam mengandung lectin aglutinin golongan darah B di dalam jaringan-jaringannya. Ini akan menyerang aliran darah dan potensial meyebabkan stroke serta kelainan sistem kekebalan tubuh. Tipe B bisa menikmati ikan, tetapi sebaiknya menghindari semua jenis kerang-kerangan. Kerang mengandung lectin yang bisa mengganggu sistem tipe B.
Golongan darah B, merupakan satu-satunya golongan darah yang bisa sepenuhnya menikmati berbagai produk susu. Jagung merupakan faktor utama penambahan berat badan tipe B. Jagung bisa memperlambat sistem metabolisme, mengganggu insulin, menyebabkan retensi cairan, serta kelelahan.. Tomat mengandung lectin yang bisa mengiritasi lapisan lambung. Tapi, buah dan sayuran lainnya secara umum bisa ditoleransi dengan baik.


Golongan darah AB
Antigen yang banyak, membuat golongan darah AB kadang-kadang menyerupai golongan darah A dengan asam lambung yang lemah, dan kadang-kadang menyerupai golongan darah B yang didisain secara genetik untuk mengkonsumsi daging. Tipe AB akan mencapai kondisi terbaik saat jaringan-jaringan otot bersifat alkali. Tipe AB tidak bisa mencerna daging dengan efisien karena rendahnya kadar asam lambung. Selain itu, perhatikan juga porsi dan frekuensi konsumsi daging Anda. Ayam juga mengandung lectin yang bisa mengiritasi darah dan saluran pencernaan.
Tahu merupakan sumber protein terbaik bagi golongan darah ini. Selain itu, bisa juga makan kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah kecil.
Golongan darah AB bisa mentoleransi produk-produk susu dengan cukup baik. Tapi, perhatikan kelebihan produksi mucus. Secara umum, tipe AB juga bisa mentoleransi padi-padian, bahkan gandum, tapi bagian inti gandum bisa menyebabkan tingginya kadar asam di otot-otot golongan darah AB. Jenis ini akan lebih diuntungkan dengan diet kaya nasi dibandingkan pasta. Tomat tidak menimbulkan masalah pada jenis golongan darah ini.
Golongan darah AB sebaiknya memulai hari dengan minum segelas air hangat yang dipadukan dengan air perasan setengah jeruk lemon segar. Ini bisa membersihkan mucus yang terakumulasi selama tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar