Minggu, 29 Januari 2012

Mengatasi Sariawan


Sariawan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C, bakteri, alergi makanan atau bahkan kadang-kadang muncul ketika tergigit, atau luka.. Walaupun hanya terdapat luka sedikit pada lidah, dinding mulut, gusi, namun sariwan sangatlah mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Terkadang sulit untuk berbicara, makan, bahkan dapat menimbulkan bau mulut .
Bahkan menurut informasi yang saya dapat, sariawan yang tak kunjung sembuh bisa pula menimbulkan kanker mulut. Wow ? segitu berbahayanya sariawan itu.
Ketika sariawan melanda, saya sarankan untuk melakukan tips yang singkat dan cukup mudah dari informasi yang saya dapat :

1. Berkumur air garam
Air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cukup cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Air Kelapa, lebih baik lagi Air Kelapa Hijau. Air kelapa mengandung berbagai vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Bilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan obat tradisional, seperti jus plum, lidah buaya, ekstrak biji anggur, tea tree oil, atau bisa juga menggunakan obat-obatan ramuan tradisional yang tidak berbahaya dari daerah tertentu.


Maka dari itu, sebelum kita dilanda sariwan hendaknya kita banyak minum air putih agar selaput lendir ronga mulut tidak kering, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vit.C,  B2, B5, dan asam folat yang sangat bermanfaat mencegah sariawan.

Selamat Mencoba.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar